Catatan Perjalanan

Aku adalah bayi semua bangsa dari segala jaman-Pramoedya Ananta Toer

Kazan, my Spiritual Journey.


Kazan, merupakan sebuah kota yang menurut kabar beredar merupakan salah satu kota terindah di Russia. Kalo mau di-ranking kota ini menempati urutan ke tiga setelah St’Petersburg dan Moscow, itu katanya. Akhirnya karena hobi saya yang jalan-jalan, kesempatan pertukaran pelajar di Russia pun saya manfaatkan juga untuk jalan-jalan. Tanpa buang waktu, pas ada long weekend saya pun  mulai menyeret beberapa teman satu project saya untuk jalan bareng. Akhirnya saya dapet temen jalan 2 cewek cakep hehe, lumayan. Saya mulai tanya sana-sini, karena sebelum barangkat ke Russia saya gak sempet prepare banyak, dan gak nemu Lonely Planet Edisi Russia. Saya berpikir bisa beli di Russia, ternyata dugaan saya salah besar. Nyari toko buku ber bahasa Inggris di Russia itu bagaikan kata pepatah”Seperti mencari Jarum di Tumpukan Jerami”, saya sendiri belum pernah menemukannya. Semua Brosur dan panduan perjalanan dalam bahasa Russia yang bertuliskan Cyrillic. Jadi selamat Tebak-tebak Buah manggis kalo lagi baca Brosur petunjuk.

Hasil Dari browsing internet, saya putuskan cukup 3 hari keliling Kazan. Karena tempat yang mau saya kunjungi juga tidak banyak. Setelah membujuk rayu teman yang bisa berbahasa Russia tidak berhasil, saya mulai kelimpungan, karena keliling Russia tanpa Modal Bahasa Russia bisa sangat membingungkan. The Show Must Go on, jadi saya tidak mungkin gak jadi Brangkat. Secara saya Sudah jauh-jauh ada di Russia masa gak kemana-mana. Saya minta tolong teman saya untuk mengantar ke terminal Bis dan membeli tiket. Bisa bayangin tiket Bis semua tertuliskan dalam Huruf Cyrillic &&^*^^#@#@#!…walhasil temen saya yg Orang Russia nemenin saya sampai bis jalan.

Tanpa gambaran yang jelas nanti Turun dimana, dan seperti apa Kota Kazan. Yang jadi patokan saya adalah, kalo semua Orang Turun pasti Itu kazan. Kasar-kasaran analisa nya adalah, Kazan terletak 12 jam perjalanan dengan bis dari Ufa.  Biar gak diajakin ngomong sama orang-orang disamping, saya langsung pasang Sumbat telinga dan tidur. Setelah saya hitung udah 12 jam, kok masih belum nyampek Juga. Bis pun sempet berhenti dan banyak yang turun. Saya Mulai panik, dan saya Pinjem Phrase book punya temen saya dari Malaysia. Saya tanya ke Ibu-Ibu yg duduk di kursi samping saya sambil mencoba melafalkan tulisan di Buku yg intinya “Berapa lama lagi kita sampai Kazan”.

Dasar Bahasa Russia yang Ribet. Alih-alh ibu itu ngerti apa yg saya tanyakan, dia malah ngira saya tanya Jam berapa. Coba pake Bhs Isyarat Juga gak mempan. Cape deh, akhrinya saya menemukan Trik Jitu. Saya Telpon temen Russia saya yg Bisa bhs Inggris. Telpon saya kasihkan ke ibu tadi, mereka ngomong “Bledeghrf Profh Hufh HasyIh Dah Harosyo..*&&^%^$56″. Setelah saya ngomong ke temen saya di HP, katanya bentar lagi nyampek dan Ibu itu bakal ngsih tau saya turun dimana biar deket sama tempat saya nginep, Hurray.

Kremlin Kazan

Dengan bantaun saudara teman saya di Ufa,saya menyewa apartemen untuk dua malam di Kazan. Hal yang saya Tidak bakal bisa lupakan seumur hidup, adalah bahwa di Kazan saya merasa dekat sekali dengan Tuhan. Saya mulai penjelajahan saya dengan jalan-jalan ke Bauman Street, yang merupakan Pedistrian yang bersih dan rapi. Sepanjang jalan ini  banyak sekali restoran yang Lumayan murah, dan orang-orang menjajakan Souvenir. Di Ujung Bauman Sreet ini terdapat Kremlin, yang merupakan benteng pusat pertahanan perang jaman dulu, dan juga merupakan tempat tinggal tsar.

Kremlin ini juga dinobatkan sebagai warisan budaya Dunia oleh UNESCO. Di dalam Kremlin ini terdapat Masjid Teuku Syarif, yang bagus sekali. Saya langsung meltdown begitu masuk kompleks masjid ini, begitu Agung. Saya jadi teringat Dosa-dosa saya. Saya selalu berdoa ke Tuhan untuk mengirim saya ke Ujung Bumi, dan hey here I’am di Russia, kalo ke Utara Sedikit lagi saya sampai di Kutub. Disini saya bisa menjumpai masjid yang Agung, saya Sholat dan Berdoa sembari mengis sesenggukan.

Bauman Street

Te’uku Syarif Mosque

Di Kazan ini untuk pertama Kalinya saya mencoba subway-nya Russia. Subway di Kazan baru dibangun, jadi stasiunnya juga masih ada beberapa gak  nyampek 5. Line nya Juga cuma satu. Kalo mau di bandingkan busway Mungkin cuman Bundaran senayan-HI doank ..gak penting banget, tapi desain stasiunnya menarik sekali. Dengan Lukisan dan Mozaik yang klasik Eropa banget. Di Ujung Bauman street ini juga terdapat Tukay Square. Lapangan super Gede, dan terdapat Sport Stadium Hall yang Super besar. Pas hari terakhir saya di Kazan bertepatan dengan Perayaan Ulang tahun Republik Tatarstan, dimana Kazan sebagai Ibu kotanya. Pusat perayaan di Tukay Square, orang-orang tumpah ruah di Bauman street, menuju Tukay Square. Party di jalanan dengan Vodka Khas Russia yang Rasanya Hiks, klimaksnya adalah Pesta kembang api yang meriah bak Tahun baru!!!

Advertisements

One comment on “Kazan, my Spiritual Journey.

  1. vian
    January 23, 2010

    ye…mas ucup nangisan hehehe…..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 17, 2010 by .
%d bloggers like this: